Sulawesi Selatan

KULINERAN KHAS MAKASSAR, COCOK MIH!

“Halo aga kareba?” Sudah masuk hari Senin lagi aja nih. Hari yang menyebalkan. Menyebalkan sama mantan, pacar, gebetan, rekan kerja atau sama atasan hayoo ngaku. Tapi enggak sebel dong sama aku dan enggak bosen dong untuk mampir tengok-tengok tulisan terbaru aku hehehe. Minggu kemarin aku menulis tentang bahasa, adat istiadat dan tempat wisata di Makassar.  Dan sekarang aku mau memberikan informasi mengenai kuliner khas Makassar. “Kamu mau tahu aja atau mau tahu banget nih tentang kuliner Kota yang satu ini? Nyebelin ya?” Wkwkwk skip.

Kuliner khas Makassar pasti satu di antara kalian sudah tahu saat membaca judul tulisan ini, iya kan? Yang sudah tahu ya cukup tahu saja. Dan yang belum tahu, mari kita lanjut. “Apa saja kuliner khas Makassar?

1. Sop Saudara

Mendengar namanya saja sudah seram. “Bagaimana makannya ya?” Duh, Saudara kok ya dijadikan sop. Tega kali sudah kayak Rian si manusia kanibal. Tapi tenang, sop ini bukan dari daging manusia kok jadi aman untuk di konsumsi dan halal.

Sop saudara berbahan baku daging sapi yang diiris, dicampur dengan jeroan, dilengkapi bihun, irisan kentang dan disiram dengan kuah bersantan. Disajikan bersama nasi putih yang menjadi makanan pokok masyarakat kita dan ikan bolu (ikan bandeng).

Sop Saudara

Sumber: Skyscanner

2. Sop Konro

Sop dengan iga sapi dengan siraman kuah yang khas berwarna cokelat kehitaman. Warna tersebut berasal dari kluwek yang dihaluskan. Konro terdiri dari dua varian yaitu sop konro dan konro bakar. Konro bakar yang terkenal di Makassar yakni Konro Karebosi. Konro bakar karebosi dijual seharga Rp60.000/porsi (foto untuk iga bakarnya masih dicari di gallery hehehe).

Sop Konro

Sop Konro

Konro Karebosi

Tempat konro bakar dijual

Konro Karebosi 2

3. Coto Makassar

Berisi usus, hati, otak dan irisan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah kayak akan rasa. Cocok dinikmati dengan potongan ketupat atau buras.

Coto Makassar

Sumber: Skyscanner

4. Mie Titi

Letaknya tidak jauh dari Konro Karebosi, mie titi dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Terdiri dari rasa original, sapi dan seafood. Mie titi adalah mie kering berwarna kuning yang disiram dengan kuah khas kental bercampur telur dan sayuran hijau (semacam sawi). Harga mulai dari Rp18.000/porsi (tergantung varian).

Mie Kering

[Mie Kering]. Mie Titi sama seperti ini namun tidak ada baksonya. Untuk sawi tidak sebesar ini. Kuahnya lebih enak dan gurih. Ini mie yang aku makan di pinggiran jalan

5. Pisang Epe

Camilan khas Kota Makassar dengan bahan baku pisang kepok. Pengolahan pisang epe terbilang unik. Pisang yang matang dikupas lalu di gepengkan dengan menggunakan alat tradisonal berbahan kayu dan kemudian di bakar. Banyak varian rasa yang dijual dengan harga Rp10.000/porsi.

 

Pisang Epe

6. Sarabba

Minuman khas dari Kota Makassar. Rasanya seperti wedang jahe. Sarabba dijual dengan harga Rp5.000/gelas (tergantung varian).

Sarabba

Sumber: Style Tribun News

Setiap pergi dan singgah ke sebuah Kota, jangan lupa untuk mampir dan menikmati makanan khas Kota tersebut. Dan ingatlah keluarga anda di rumah. Bawakan oleh-oleh khas baik berupa makanan atau camilan yang sekiranya tidak basi saat perjalanan pulang.

3 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s