Resensi

KISAH NYATA PERBUDAKAN DI AMERIKA SERIKAT ’12 YEARS SLAVE’

ex666

Faktor perbedaan ras dalam film 12 Years Slave terjadi baik pada wanita, pria dan bahkan anak kecil menjadi budak dalam cerita yang diangkat dari kisah nyata karya Solomon Northup. Melalui autobiografinya menceritakan perbudakan yang terjadi di Amerika Serikat dimana warga berkulit putih yang berkuasa.

Solomon Northup pria berkulit hitam yang memiliki dua orang anak ini diculik dan dijual oleh temannya sebagai budak. Berbagai cara mulai dari melarikan diri hingga menulis surat ke temannya yang bekerja dalam pemerintahan telah ia lakukan agar terbebas dari perbudakan. Dicambuk, dipukul, diseret bahkan diperkosa oleh majikan berkulit putih kental dalam film ini.

Film yang meraih banyak nominasi Oscar pada tahun 2013, dibintangi oleh banyak aktor dan aktris ternama yakni Brad Pitt, Benedict Cumberbatch, Paul Dano, Sarah Paulson dan Chiwetel Ejiofor. Tahun 1841, settingan film ini dibuat. Perbudakan yang dilakukan oleh warga kulit putih terhadap kulit hitam biasa dilakukan.

Dalam scene terakhir film, tertulis bahwa “Solomon Northup tak mampu bersaksi melawan kulit putih di pengadilan, ia kalah melawan penjualan budak. Setelah proses hukum yang berlangsung lama di New York, para penculiknya Hamilton dan Brown terhindar dari hukuman. Tahun 1853 Solomon menuliskan buku 12 Year Slave (tentang perbudakan). Ia aktif dalam gerakan pembebasan perbudakan dan aktif menjadi pembicara di Amerika Serikat. Tanggal, lokasi dan kematian Solomon Northup hingga kini masih belum diketahui”.

Dari film bergenre drama ini anda bisa mengambil sisi positifnya bahwa perbedaan ras bukanlah menjadi hambatan dalam suatu hubungan melainkan perbedaan yang menjadi pelengkap dalam hubungan di kehidupan mendatang. Hapus perbudakan dan diskrimanasi sosial. Film ini cocok untuk melengkapi akhir pekan anda. Selamat menonton !

Kategori:Resensi

2 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s